CS ONLINE MOBIL SUZUKI SURABAYA

INFO HARGA DAN PRODUK TERBARU MOBIL SUZUKI │PENJUALAN MOBIL SUZUKI CASH DAN KREDIT │INFO PROMO DISKON BONUS DAN ANGSURAN │UNIT READY STOCK DAN PESAN INDENT │DEALER UMC DAN BIT (INDOMOBIL GROUP) SURABAYA│HARGA SUZUKI MOBIL MENGHARGAI KEBUTUHAN ANDA

Tips Mengatasi Ban Botak (suzuki APV)

ban botakMembahas kelemahan kendaraan jenis APV, untuk kendaraan baru biasanya pada  kilometer 20.000 akan menjumpai ban depan kanan dibawah supir mengalami kebotakan di bagian dalam.  Tingkat keausan antara mobil Apv yang satu dengan yang lainnya tidak seragam tetapi berbeda-beda antara mobil yang satu dengan mobil yang lainnya tergantung
derajat kemiringan. Kebotakan bagian dalam ini disebabkan karena adanya kemiringan camber menuju ke negatif. Bedasakan informasi dari bengkel spooring didapatkan informasi bahwa Hal ini memang bawaan alami dari mobil Suzuki Apv, sehingga masalah kebotakan ban depan kanan telah terjadi pada mobil apv baru, terlebih lagi untuk mobil apv yang lama.

Apabila derajat kemiringan ini tidak dikoreksi maka akan menimbulkan ketidaknyamanan suspensi, dan ban yang cepat aus. Masalah kemiringan ban depan apabila tidak segera diatasi  ini akan merembet ke ball join atau peralatan kaki kaki mobil yang lain.  Berikut ini digambarkan apa yang menyebabkan ban depan kanan dibawah sopir cepat botak .

Silakan lihat gambar disamping kanan, apabila chamber negatif maka ban bagian dalam miring ke dalam sehingga yang cepat aus bagian dalam, apabila chamber positip maka ban bagian luarlah yang cepat aus.

Penyetalan camber mobil semacam apv tidak mudah karena memang tidak ada bagian yang dapat digeser kearah luar ataupun kearah dalam, sehingga apabila ban miring kedalam atau keluar maka selamanya akan miring, padahal  nilai kemiringan ban 1 mm pada poros ban akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan aus ban semakin besar derajat kemiringan maka akan semakin cepat.

Untuk mengatasi problem camber, cara yang paling sederhana bengkel spooring mengganti baut chamber yang atas, dengan baut khusus yang dapat digunakan untuk mengkoreksi derajat kemiringan ban.  Dengan  mengganti baut asli mobil apv ternyata polos (gambar bawah), dengan baut yang berbentuk seperti nokken as (gambar atas) yang terdapat tonjolan yang apabila baut diputar maka tonjolan akan mendorong  ban dari posisi derajat negatif menuju posisi derajat positip yang diinginkan sehingga untuk sementara dapat dikoreksi, sehingga masalah kebotakan ban dibagian dalam dapat diatasi. Baut seperti ini dapat diaplikasikan untuk mobil yang lain seperti Toyota Avanza dan lainnya.

ARTIKEL TERBARU KAMI :
 artikel by : suzuki jogja  / (blogger link)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: